Ini Dia 5 Keuntungan Menggunakan E-Wallet

Sumber Gambar: CardMapr.nl / Unsplash.com

 

Saat ini perkembangan teknologi informasi sudah berkembang pesat dan membawa peradaban baru bagi masyarakat di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Lahirnya berbagai teknologi canggih seakan-akan telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern. Tak sedikit dari kecanggihan teknologi tersebut membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Yap, sebut saja dompet digital atau yang biasa dikenal sebagai E-wallet. 

Secara umum, E-wallet merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mempermudah proses transaksi. Selain itu, dikutip dari Wikipedia  berdasarkan Peraturan Bank Indonesia, dompet digital atau E-wallet merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran. 

Kehadirannya yang mempermudah manusia dalam melakukan transaksi tak terlepas dari sejarah perkembangannya. Selain itu, perkembangan dunia internet juga berperan penting dalam mendorong perkembangan penggunaan E-wallet sebagai sarana transaksi. 

Dalam sejarahnya, E-wallet atau dompet digital pertama kali dicetuskan oleh David Chaum pada tahun 1983. Saat itu, E-wallet disebut sebagai uang digital atau digicash. Sayangnya, pada saat itu perkembangan E-wallet tidak semarak seperti saat ini. Selain itu, banyak masyarakat yang juga belum mengetahui mengenai E-wallet atau dompet digital yang dikenalkan David Chaum ini. Salah satu yang mempengaruhi hal tersebut adalah perkembangan dunia teknologi dan internet yang juga belum terlalu berkembang pada saat itu. 

E-wallet mulai dikenal masyarakat pada tahun 1994. Meski penggunaannya belum terlalu luas, namun setidaknya dunia telah mulai mengenal apa itu E-wallet atau yang saat itu dikenal sebagai uang digital atau digicash. 

Saat ini, perkembangan E-wallet di Indonesia dapat dikatakan cukup luas terutama di daerah perkotaan. E-wallet sudah seperti menjadi bagian dari gaya hidup para penggunanya. Perkembangan dompet digital atau E-wallet di Indonesia terutama sejak pandemi Covid-19 melanda semakin menampakan eksistensinya di dunia transaksi non tunai. Ruang gerak masyarakat yang terbatas akibat anjuran penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada masa pandemi Covid-19 membuat penggunaan E-wallet seakan menjadi penolong untuk memudahkan mereka yang ingin melakukan transaksi.

Di Indonesia sendiri, Bank Indonesia membagi layanan uang elektronik dalam dua kategori. Hal tersebut sesuai dengan peraturan BI Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik. Dikutip dari Indonesia.go.id disebutkan di regulasi itu, terdapat dua jenis uang elektronik yang dibedakan berdasarkan media penyimpanan yakni server based dan chip based.  Contoh uang elektronik (e-money) berbasis chip seperti Flazz BCA, E-Money Mandiri, Brizzi BRI, Tap Cash BNI, Blink BTN, Mega Cash, dan JakCard Bank DKI.  Sementara itu, layanan dompet digital termasuk ke dalam uang elektronik berbasis server. Nah, layanan jenis ini seperti GoPay, OVO, LinkAja, Doku, dan DANA.

Masih dikutip dari Indonesia.go.id dari sisi pangsa pasarnya, satu lembaga riset asal Prancis Ipsos belum lama ini menyebutkan, layanan dompet digital Gopay menjadi fitur electronic wallet paling populer di Indonesia dengan persentase sebesar 54 persen. Disusul kemudian OVO sebesar 11 persen, DANA 11 persen, dan LinkAja 6 persen. Selain itu, Bank Indonesia mencatat sepanjang 2019 transaksi uang elektronik dan dompet digital mencapai 5,22 miliar transaksi. Dari jumlah tersebut valuasi transaksi diperkirakan menyentuh kisaran Rp145,16 triliun.

Lalu apa saja keuntungan E-wallet? 

Ini dia 5 keuntungan menggunakan E-wallet

  1. Transaksi relatif lebih cepat

Penggunaan E-wallet terbukti dapat mempersingkat waktu transaksi. Dengan hanya menempelkan kode QR maka transaksi dapat langsung diselesaikan dengan mudah. 

  1. Mempermudah penggunanya untuk melihat riwayat transaksi

Pengguna E-wallet dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi hanya melalui telepon genggam mereka. 

  1. Tingkat keamanan terjaga

Bagi para pengguna E-wallet tak perlu khawatir mengenai keamanan dompet digital ini. Karena untuk mengakses E-wallet diperlukan PIN atau kata sandi dari penggunanya sehingga orang lain tidak akan bisa mengaksesnya. 

  1. Tersedia banyak promo

Penggunaan E-wallet selain memudahkan proses transaksi juga menyediakan banyak promo menarik seperti diskon dan cashback.

  1. Terhindar dari penyebaran virus pada masa pandemi Covid-19 

Penggunaan E-wallet membuat penggunanya dapat meminimalisir kontak fisik dengan orang lain sehingga mencegah terjadinya penularan virus. 

Jadi, apakah anda termasuk pengguna dompet digital ini?