Gaet Selebriti, Cara Perusahaan Naikan Penjualan

Ilustrasi : Joe Taslim di Iklan Caffino 

Ketatnya persaingan bisnis saat ini telah membuat banyak perusahaan berusaha memutar otak menemukan formula untuk kelangsungan bisnisnya. Tentunya hal ini bertujuan agar suatu brand dapat bersaing ataupun dapat mempertahankan posisinya di pasar. Salah satu solusi yang seringkali digunakan adalah dengan menggunakan brand ambassador dan menggaet selebriti. Tak hanya perusahaan yang telah mapan, tetapi perusahaan yang baru merintis pun juga ikut menggunakan strategi tersebut. Bahkan tak jarang pemilihan sosok yang tepat akan menghasilkan peningkatan yang drastis.

Maka oleh sebab itu tak heran apabila perusahaan berlomba-lomba dalam menggaet selebriti, selebgram, youtubers, ataupun tokoh-tokoh lain yang dinilai memiliki pengaruh dan basis masa yang besar untuk dijadikan rekan bisnis mereka. Cara ini diharapkan bisa menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan dapat menjangkau konsumen yang bukan termasuk pasar mereka. Tak jarang, banyak diantara masyarakat yang ikut membeli atau menggunakan produk dikarenakan kehadiran sang idola dalam iklan produk tersebut

Mengambil contoh kasus belakangan ini, restoran cepat saji internasional McDonald’s yang menggandeng group kpop asal Korea Selatan BTS. Melihat besarnya pengaruh serta luasnya pasar BTS di Indonesia, McDonald’s melihat peluang tersebut dan bekerjasama dengan pihak BTS untuk mempromosikan produknya. Mengesampingkan pro dan kontra karena kerumunan yang ditimbulkan di tengah pandemi Covid-19, jika melihat kerumunan antrian pembeli serta ojek online tentu saja strategi ini berjalan sukses.

Dikutip dari finance.detik.com, dengan promo yang melibatkan selebriti, McDonald’s mampu membalikkan penurunan pendapatan terkait pandemic sekitar 4%, dan 24% dalam dua kuartal berturut-turut. Pemilihan strategi ini juga dinilai sangat instan dalam meningkatkan jumlah penjualan.

Dalam sebuah penelitian di jurnal yang berjudul PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEY PADA PENGGUNA LINE DI ASIA), penelitian ini dilakukan di lima negara dengan menggunakan pengambilan sampel menyebutkan bahwa, variabel Brand Ambassador berpengaruh signifikan terhadap variabel Brand Image dan keputusan pembelian.

Lalu apa saja sebenarnya fungsi dan peran brand ambassador terhadap sebuah perusahaan? Berikut uraian singkat yang telah kami rangkum.

 

  1. Memanusiakan Produk/Merek

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan suatu produk, tentunya brand ambassador telah setuju dengan tujuan perusahaan tersebut. Brand ambassador secara emosional memiliki ikatan dengan perusahaan dan bertujuan untuk menyebarkan informasi, membantu perusahaan dalam penyebaran suatu produk. Brand ambassador juga berfungsi untuk membangun citra perusahaan dimata publik, mereka secara tidak langsung berada dalam jajaran departemen pemasaran perusahaan tersebut. Terlebih di era serba digital membuat banyak orang menghabiskan waktu mereka untuk berseluncur di sosial media, brand ambassador lewat akun mereka juga bisa bertindak mewakili perusahaan dalam berinteraksi dengan publik.

 

  1. Menjadikan Pelanggan Lebih Loyal

Dikutip dari highlight.id, Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pelanggan dapat memberikan kontribusi terhadap kepuasan mereka sendiri melalui partisipasi mereka dalam proses pemberian layanan. Hal ini dinamakan “Loyalty Ripple Effect.” Ini berarti, semakin mereka berpartisipasi dengan suatu merek perusahaan, maka mereka akan semakin menyukai produk tersebut. Tentu saja kehadiran dari brand ambassador yang sesuai dengan pasarnya akan membuat pelanggan yang sebelumnya telah menjadi konsumen, akan semakin yakin dan loyal terhadap produk tersebut.

 

  1. Membangun Reputasi Online

Kebanyakan dari brand ambassador memiliki interaksi serta massa yang besar di sosial media mereka. Dalam hal ini perusahaan akan menerima keuntungan karena brand ambassador bisa mengiklankan, menginformasikan, dan dapat juga berinteraksi dengan konsumen. Hal ini tentu akan perlahan membangun reputasi online dari produk tersebut.

 

  1. Menarik Pelanggan Baru

Bukan tidak mungkin, apabila perusahaan mempekerjakan brand ambassador maka akan mendapatkan pelanggan baru. Berfungsi sebagai sarana pemasaran yang menjangkau banyak orang, tentunya brand ambassador dapat mempengaruhi pengikut mereka untuk membeli produk yang mereka iklankan. Oleh karenanya perusahaan yang ingin melebarkan pasar mereka, menggunakan strategi memilih brand ambassador ataupun bekerja sama dengan mereka.

 

Keberadaan brand ambassador ataupun influencer dalam memasarkan produk suatu perusahaan merupakan peran yang cukup signifikan bagi kelangsungan bisnis, oleh karenanya penting untuk memilih kandidat yang cocok dan sesuai dengan produk kita. Apakah kalian berminat menggunakan strategi ini?