Pemerintah Hapus Cuti Natal Tahun Ini, dan Ganti Dua Hari Libur Nasional

Ilustrasi penghapusan cuti natal 2021

Pemerintah resmi meniadakan cuti bersama Natal tahun ini dan mengganti dua hari libur nasional, kebijakan ini diambil untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19, mengingat belakangan ini terjadi lonjakan kasus di banyak daerah di Indonesia.

Terkait dengan hari libur nasional yang diganti adalah Tahun Baru Islam 1443 Hijriah dan juga Maulid Nabi Muhammad.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy lewat konferensi virtual pada Jumat 18 Juni 2021. Muhadjir mengatakan bahwa libur Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah yang awalnya diselenggarakan pada 10 Agustus akan digeser menjadi 11 Agustus, sedangkan untuk libur perayaan Maulid Nabi Muhammad yang awalnya diselenggarakan pada 19 Oktober, akan digeser menjadi 20 Oktober. Sementara cuti bersama Natal tahun ini resmi ditiadakan.

Muhadjir mengatakan bahwa keputusan tersebut sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang mana meminta untuk peninjauan ulang terhadap hari libur dan cuti bersama yang sudah tercantum dalam surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri.

SKB tiga menteri tersebut adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas , dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Disadur dari katadata.co.id, nantinya ada surat keputusan bersama terkait dengan perubahan hari libur dan penghapusan cuti bersama natal tahun ini, hal ini berkaitan dengan upaya pemerintah mengurangi mobilitas masyarakat untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Dia menjelaskan setelah SKB ditandatangani, maka pihaknya akan mengirim surat edaran perubahan terkait kepada seluruh perusahaan. “Kami akan kirim surat edaran lewat gubernur, bupati, dan walikota,” kata Ida.

Sedangkan Menteri Agama Yaqut mengatakan bahwa usaha yang dilakukan untuk melengkapi usaha pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Seperti yang sudah kita ketahui, belakangan ini negara Indonesia dihantam kembali oleh peningkatan angka penyebaran Covid-19, salah satu penyebabnya adalah banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi larangan pemerintah terkait mudik lebaran tahun ini. Belajar dari kesalahan yang lalu pemerintah mengambil langkah tegas untuk mencegah kembali peningkatan penyebaran Virus Covid-19.