Pasar Tradisional Vs Pasar Modern

Foto : Irawati Kusuma W

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tentu membuat masyarakat tidak asing lagi dengan aktivitas pasar. Baik itu pasar tradisional maupun pasar modern. Apalagi di zaman sekarang ini dengan adanya kebutuhan pokok dan harga barang yang mulai mengalami kenaikan tentunya membuat masyarakat lebih teliti dan lebih cermat lagi untuk menentukan tempat mereka akan berbelanja. Dengan memilih tempat yang tepat dan sesuai harga kantong akan memungkinkan untuk memperkecil pengeluaran. Adanya pasar tradisional dan pasar modern membuat masyarakat berbaur dengan keduanya. Yuk simak keuntungan dan trik belanja di pasar tradisional dan pasar modern.

Pasar tradisional, keberadaanya amat penting bagi roda perekonomian masyarakat, karena sebagai tempat untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Meskipun secara look dan fasilitas tidak sebagus supermarket, namun banyak keuntungan belanja di pasar tradisional. Dikutip dari cekaja.com simak keuntungan belanja di pasar tradisional berikut ini :

  1. Jam buka lebih pagi

Di pasar tradisional, pedagang membuka tokonya lebih pagi dibanding supermarket. Dengan begitu, kamu bisa leluasa dalam mengatur waktu terutama bagi yang harus berangkat kerja di pagi hari. Apalagi jika yang kamu butuhkan adalah kebutuhan dapur seperti bahan makanan. Biasanya, pedagang sayuran akan standby dari jam 3 dini hari sudah menjajakan barang dagangannya.

2.  Bahan makanan lebih segar

Ada banyak pilihan sayuran dan buah-buahan di pasar tradisional. Berbagai jenis ikan segar, daging-dagingan seperti ayam atau sapi umumnya juga baru dipotong di hari yang sama. Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan sayuran atau bumbu masakan yang fresh, pasar tradisional adalah jawaban paling tepat.

3. Serba murah

Harga semua dagangan di pasar tradisional sendiri juga sangat murah. Hal ini jelas menguntungkan para pembeli, terutama untuk masyarakat yang tingkat ekonominya menengah ke bawah. Rendahnya harga di pasar tradisional itu sendiri karena para pedagang tidak mengeluarkan modal terlalu besar. Mereka pun hanya membuka lapak sederhana untuk menjajakan dagangan dan membayar sewanya dengan harga murah.

4. Harga bisa ditawar

Selain harga semua barang-barang yang serba murah, kamu masih bisa menawarnya agar lebih pas di kantong. Hal ini merupakan salah satu daya tarik utama bagi pembeli yang mengunjungi pasar tradisional. Tapi ingat, nawar boleh asalkan jangan sampai ‘mencekik leher’ pedagang karena mayoritas pedagang tersebut adalah pedagang kecil yang juga ingin meraup untung.

5. Meningkatkan ekonomi rakyat kecil

Mengapa berbelanja di pasar tradisional bisa membantu perekonomian rakyat? Karena ketika berbelanja di pasar tradisional kamu bertemu secara langsung dengan para pedagang yang sebagian besar adalah masyarakat biasa. Dengan berbelanja di pasar, kamu otomatis turut berkontribusi demi jalannya roda perekonomian masyarakat yang ada di sekitarmu.

Nah bagi anda yang memilih untuk berbelanja di pasar modern atau supermarket, ada beberapa trik yang bisa membantu anda untuk lebih menghemat pengeluaran. Apa saja? Yuk simak triknya. Dikutip dari cermati.com

  • Buat daftar barang belanjaan

Sudah jelas kalau harga jual barang di supermarket lebih mahal dibanding di pasar tradisional. Karena itu, kita tidak bisa sembarangan membeli barang karena akan membuat pengeluaran menjadi boros. Salah satu solusinya adalah dengan membuat daftar belanjaan.

  • Jangan belanja setiap hari

Mulailah kebiasaan untuk belanja efektif dengan hanya ke supermarket satu kali dalam seminggu. Saat kehabisan stok barang kebutuhan, segera tuliskan di catatan tadi. Dengan begini, Anda bisa fokus memenuhi semua kebutuhan penting tanpa perlu terburu waktu. Catatan itu nantinya akan berguna sebagai daftar belanjaan.

  • Belanjalah sendirian

Bila mengajak banyak orang untuk ikut belanja, akan semakin mahal pula belanjaan Anda. Studi yang dilakukan oleh Marketing Science Institute menunjukkan, 65 persen barang yang dibeli saat belanja bersama orang lain adalah barang-barang yang tidak diperlukan.

  • Perhatikan harga barang

Foto : Irawati Kusuma W

Ingat, supermarket adalah bagian dari sebuah bisnis. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan tidak belanja secara terburu-buru dan rajin membandingkan harga. Tajamkan mata Anda, dan lihat harga barang sejenis di wilayah lain yang sulit dijangkau, siapa tahu harganya lebih murah.

  • Cek diskon

Dengan adanya diskon bisa membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Tapi jangan asal memberi barang diskon, cek kondisinya, jangan sampai Anda membeli barang diskon yang kondisinya memang sudah jelek dan harus segera dihabiskan.

  • Perhatikan harga kasir

Terkadang, petugas kasir tak selalu mengikuti update harga produk atau produk yang sedang diskon. Pastikan harga yang Anda lihat di rak sama dengan harga yang di kasir. Jika harganya keliru, beritahu kasir tersebut kalau barang itu sedang diskon agar ia segera mengupdate harga yang dicatat.

Bagaimana? Mungkin faktor kenyamanan dan kelengkapan bisa menjadi keunggulan dari pasar modern atau supermarket. Sedangkan di pasar tradisional anda bisa memperoleh harga yang jauh lebih murah dan bisa tawar-menawar. Tidak masalah jika anda memilih belanja di pasar tradisional maupun di pasar modern asalkan anda bisa mengatur pengeluaran anda ketika berada disana.