Tips Berinvestasi Dengan Gaji Standar

Sumber Foto : Pexels

Memiliki banyak penghasilan setiap bulan merupakan keinginan semua orang. Banyak cara yang bisa dilakukan agar memiliki banyak penghasilan, salah satunya adalah berinvestasi. Dibenak kebanyakan masyarakat investasi hanya dilakukan oleh orang dengan penghasilan tinggi. Padahal semua orang bisa melakukan investasi tetapi kebanyakan masyarakat sudah terdoktrin pikirannya,” yang bisa berinvestasi hanya masyarakat kalangan menengah keatas”.

Dengan gaji standar dan kebutuhan pokok yang terus naik, masyarakat selalu merasa bahwa gaji yang dimilikinya selalu kurang. Disini yang menjadi permasalahan adalah pengelolahan keuangan. Cara mengatur keuangan adalah hal paling utama saat ingin berinvestasi. Kebanyakan masyarakat mementingkan gaya hidup yang membuat selalu merasa kekurangan.

Cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi dengan gaji standar adalah memotong pengeluaran yang tidak perlu. Bagaimana bila uang yang diekluarkan untuk membeli barang yang tidak perlu diahlikan untuk berinvestasi. Ini merupakan jumlah contoh pengeluaran untuk hal yang bisa kita pangkas. Dikutip dari pintek.id,” Indra, setiap hari mengeluarkan uang sebesar Rp.30 ribu untuk membeli makan siang dan sore. Bukan hanya itu, Indra juga selalu membeli kopi kekinian setiap hari sebesar Rp.20 ribu.

Maka dapat disimpulkan, Indra menghabiskan uang sebesar Rp.50 ribu untuk membeli makanan dan kopi. Berati, Indra setiap bulannya harus merogoh kantong sebesar Rp.50 ribu x 22 hari = Rp.1,1 juta. Untuk mengehemat Indra dapat membawa bekal makanan dari rumah atau membeli makanan yang murah, semisal mengeluarkan uang untuk membeli makan sebesar Rp.20 ribu per hari. Sementara itu, Indra juga harus menahan diri unruk membeli kopi dua hari sekali.

Dengan menerapkan cara diatas, Indra dapat menghemat beberapa ratus ribu rupiah. Yuk kita hitung-hitung :

  • Makan per hari, Rp.20 ribu x 22 hari = Rp.440 ribu.
  • Membeli kopi, Rp.20 ribu x 11hari = Rp.220 ribu.

Berati, Indra hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 440 ribu + 220 ribu = Rp. 660 ribu. Dengan begitu, Indra dapat mengehemat uang sebesar Rp.1,1 juta – Rp.660 ribu = Rp.440 ribu.

Sumber Foto : Pexels

Seperti hal diatas bisa anda terapkan di kehidupan anda. Tak hanya itu, ada juga beberapa cara agar meminimalisir pengeluaran anda. Dikutip dari cermati.com,” Berikut adalah beberapa langkah cerdas, yang bisa anda lakukan untuk cepat kaya meskipun hanya memiliki gaji standar saja.

  1. Menjalani hidup sesuai kemampuan

 

Bersenang-senang dan bisa membelin berbagai hal yang diinginkan merupakam salah satu kondisi yang paling diimpikan banyak orang. Anda mungkin ingin membeli berbagai produk elektronik terbaru, menikmati traveling ke berbagai destinasi terindah, dan yang lainnya. Namun semua ini akan menjadi muda, hanya jika kondisi keuangan anda memang memungkinkan untuk melakukannya. Sebaliknya, jika kondisi keuangan tidak memungkinkan, maka berbagai masalah di dalam keuangan tentu akan sangat mungkin terjadi. Biasakan hidup sesuai dengan kemampuan diri sendiri, agar anda tidak membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting.

 

  1. Beli barang yang lebih murah dan dibawah kemampuan keuangan

 

Meski anda sudah mampu membeli barang yang cukup mahal, jangan selalu melakukan hal tersebut ketika berbelanja. Membeli sesuatu yang lebih murah dan berada di bawah kemampuan anda adalah keputusan bijak. Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit uang dan bisa menyimpan banyak sisanya. Di saat bersamaan, anda tetap bisa menikmati manfaat yang sama dari barang yang anda beli tersebut.

 

  1. Tabungkan uang ekstra yang anda punya

 

THR dan bonus merupakan dua pemasukan yang kerap anda dapatkan dari perkerjaan. Jumlah tentu tidak bisa dianggap kecil, apalagi jika anda sudah bekerja cukup lama di perusahaan. Saat anda mendapatkan uang ekstra seperti ini, pastikan anda tidak langsuing membelanjakannya untuk berbagai hal yang tidak penting. Simpan saja uang ekstra yang anda dapatkan di dalam tabungan, agar kelak anda bisa menggunakan untuk hal-hal yang lebih penting.

 

  1. Pilih hiburan dengan biaya yang lebih murah

Berlibur atau menikmati waktu dengan teman-teman di tempat karaoke memang menyenangkan, namun ini tentu membutuhkan banyak uang. Jika anda ingin menyimpan kebih banyak uang, maka mulailah mengubah cara anda menikmati hiburan seperti ini. Pilih hiburan yang lebih hemat dan tetap menyenangkan, agar anda bisa menikmatinya dengan nyaman. Anda bisa menghabiskan waktu dengan memasak bersama dirumah, atau bahkan menikmati waktu santai dengan berolahraga bersama pasangan.

 

Lakukanlah hal-hal diatas dan mulai rubah kebiasaan anda untuk pengeluaran yang tidak perlu. Setelah anda mengikuti langkah diatas dan mulai mengelola keuangan anda, dapat dipastikan anda memiliki uang yang cukup untuk digunakan berinvestasi. Mulai lah berinvestasi sejak saat ini dan dijamin anda akan tenang dan nyaman dimasa tua nanti.