Bisnis Motor Custom Yang Masih Eksis Hingga Saat Ini

  Jumlah pengguna sepeda motor meningkat cukup drastis, tetapi banyak pengguna kendaraan roda dua saat ini masih belum puas dengan model yang ada dari pabrikannya. Banyak saat ini yang ingin merubah model motor yang mereka inginkan hingga banyaknya bisnis bengkel khusus motor custom yang saat ini semakin eksis.

  Banyak kalangan anak muda yang membuat model-model yang sesuai dengan kreasi dan kreativitas mereka sendiri atau dibantu dengan para modifikator ataupun bengkel yang khusus custom motor-motor. Modifikasi sepeda motor selain berguna untuk menyalurkan kreativitas juga sebagai ajang penunjukan jati diri dari si pengendara roda dua tersebut. Di kota Malang banyak terdapat bengkel modifikasi motor, salah satunya yang lagi tren adalah bengkel motor custom. Bengkel ini merupakan bengkel modifikasi sepeda motor yang dibuat unik dan berbeda bentuk pabrik standar karena menyesuaikan keinginan, karakter, serta imajinasi para pengguna motor. Pada umumnya custom motor menggunakan model kerangka dan spare part tersendiri serta banyak melakukan perubahan pada berbagai sepeda motor dari kondisi aslinya. Semakin banyak orang-orang yang membuka bisnis bengkel motor custom semakin ketat pula persaingan bisnis. Dalam memasarkan jasa bisnis tentu saja bisnis harus mempunyai strategi-strategi yang bagus dalam memuaskan jasa bisnis tersebut dan dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Motor custom mulai marak lagi di masyarakat Indonesia sejak presiden Joko Widodo membeli sebuah motor custom bergaya Chopper dari sebuah bengkel di Jakarta. Presiden Jokowi memang dikenal suka mengoleksi barang-barang yang bersifat jiwa muda dan nyentrik, termasuk mengoleksi motor custom. Fenomena presiden Jokowi membeli sepeda motor custom seolah menjadi aba-aba tumbuhnya kembalinya trend motor custom di Indonesia.

  Perkembangan industri untuk produk sepeda motor ini bisa dikatakan cukup drastis, dilihat dari berbagai model dari merk-merk terkenal. Modifikasi motor oleh penggemarnya didasari oleh beberapa hal diantaranya untuk mengikuti sebuah kontes modifikasi ataupun hanya sebagai hobi. Menurut para bikers, modifikasi sepeda motor selain berguna untuk menyalurkan kreativitas juga merupakan ajang penunjukan jati diri si pengendara kuda besi tersebut. Sejalan dengan perkembangan zaman, modifikasi motor semakin maraknya dilakukan. Hal ini ditunjukan dengan adanya berbagai kontes modifikasi motor dan banyak pula perkumpulan-perkumpulan bikers. Kebanyakan pelaku usaha bengkel modifikasi adalah mereka yang memang sudah berkecimpung dalam dunia otomotif, bahkan tak jarang cukup dekat dengan dunia ini dalam keseharian mereka. Jadi biasanya tak sulit bagi mereka menyentuh pasar yang tepat untuk bisa mendapatkan konsumen. Malah bisa jadi mereka sendiri sudah memiliki cukup kolega untuk menjadi support bagi usaha bengkelnya.

  Motor custom cukup banyak diminati oleh berbagai macam kalangan dari yang muda sampai yang tua, laki-laki bahkan perempuan. Hal ini yang membuat bisnis bengkel motor custom bisa sangat menjanjikan. Di Malang sendiri banyak dijumpai bengkel-bengkel dalam bidang custom. Salah satunya adalah bengkel Dj As Garage custom yang terletak dijalan Raya Dermo No.92, Jetis, Mulyoagung, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur. Bengkel yang dijalankan oleh Dimas ini memiliki banyak konsumen di Malang maupun dari luar kota Malang, pembuatan motor custom tergantung dari motor dan variasi yang diinginkan oleh konsumen, sebelum menyerahkan hasil dari modifikasi motor ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain kerapian dalam pengerjaan dan kenyamanan motor untuk dikendarai. Banyak prestasi-prestasi yang didapatkan oleh Dimas selaku pemilik dari bengkel motor custom Dj As Garage. Dj As Garage sendiri akan mengikuti kontes motor custom yang ada di luar negeri agar mendapatkan banyak pengalam mengenai motor custom yang ada di luar negeri

  Menjalankan suatu usaha tentunya mempunyai tujuan agar usaha itu mampu berkembang dan bersaing sehingga perkembangan dan pendapatan diharapkan selalu meningkat. Hal ini tidak terlepas dari pentingnya peran strategi bisnis yang diterapkan oleh setiap usaha termasuk bisnis bengkel motor custom Dj As Garage. Persaingan dalam usaha menuntut pelaku bisnis untuk dapat membuat dan merancang strategi yang akurat dan tepat sasaran, serta seberapa besar peluang yang bisa diambil dan ancaman yang dihadapi untuk dapat menentukan strategi yang tepat dalam mengembangkan usaha yang dijalankan.