Ini Dia Fakta Mengenai Black Card dan Keistimewaannya

Sumber: id.quora.com

 

Black card atau Amex black card merupakan salah satu produk kartu kredit yang diproduksi oleh American Express dengan nama resmi American Express Centurion Card. Black card adalah kartu pembayaran paling ekslusif yang tidak dimiliki oleh sembarangan orang. Black card atau kartu hitam ini juga merupakan simbol dari status sosial seseorang dimana orang yang memiliki black card tersebut dipandang sebagai orang dengan status sosial tinggi. Dengan kata lain, orang yang memiliki black card merupakan orang-orang elit seperti miliarder, selebritas dunia, konglomerat, ataupun tokoh-tokoh tertentu yang termasuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Kartu terbitan American Express Centurion Bank dan American Express Bank ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1999 dan keberadaannya hingga kini masih terus eksis. Black card atau kartu hitam ini biasa disebut dengan sebutan ‘The Black Card’. Di nilai sebagai kartu elit, tidak sembarangan orang bisa memiliki kartu ini. Meskipun digunakan sebagai kartu pembayaran, nyatanya untuk memiliki black card seseorang harus sudah memenuhi berbagai persyaratan tertentu. Bank yang menerbitkan black card nantinya akan menghubungi orang-orang yang mereka nilai memenuhi persyaratan yang kemudian mereka undang untuk mendapatkan black card.

Dikenal sebagai kartu ekslusif, black card didesain dengan sangat mewah dan elegan dengan bahan titanium. Dimiliki oleh orang-orang dengan strata sosial tingkat tinggi, black card memberikan berbagai keistimewaan bagi penggunanya. Dikutip dari Tirto.id, ini dia beberapa keuntungan yang akan diperoleh pengguna black card:

  1. Mendapat poin reward

Setiap menggunakan black card, anda akan mendapatkan 1 poin reward. Poin tersebut bisa dimanaatkan untuk pemesanan hotel atau pesawat

  1. Pelayanan akses VIP

Beneit paling menggiurkan adalah askes VIP di sejumlah even atau tempat. Misalnya ingin menonton konser dibarisan terdepan atau tempat yang strategis maka pemegang black card akan selalu dipriotitaskan.

  1. Private suite gratis di bandara internasional Los Angeles (LAX)

Keanggotaan private suite di LAX biasanya memakan biaya 4.500 dolar AS/tahun. Tapi dengan black card, anda bisa mendapatkannya secara gratis.

  1. Akses sebagai tamu elit disejumlah hotel

Pemegang black card bisa mendapatkan status tamu elit di hotel-hotel mewah. Status ini memungkinkan pemegang black card mendapatkan kelonggaran dalam banyak hal, misalnya upgrade kamar, memundurkan jadwal check out, dll.

  1. Akses Centurion Lounge di seluruh bandara

Pemegang black card bisa menikmati kemewahan Centurion Lounge yang ada di sejumlah bandara internasional.

Selain lima keistimewaan diatas, para pengguna black card juga mendapat berbagai keistimewaan lainnya seperti mendapat berbagai diskon menarik dari berbagai hotel bintang lima hingga mendapat fasilitas penyewaan jet pribadi. Berbagai keistimewaan tersebutlah yang membuat sebagian orang ingin menjadi pengguna black card.

Mendapatkan berbagai keistimewaan dan kemudahan transaksi, nyatanya kepemilikan black card tidaklah gartis. Melansir dari Lifepal, pengguna black card akan ditarik biaya pendaftaran sebesar 250 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp3,5 miliar dan biaya tahunan atau annual fee senilai 2.500 dolar AS atau sekitar Rp35 juta.

         Memiliki black card tentunya bukanlah hal yang mudah, selain harus memiliki pendapatan yang fantastis, untuk menjadi pengguna black card terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Meskipun sebelumnya Amex sendiri tidak pernah mengungkapkan syarat tertentu untuk dapat memiliki kartu elit ini. Pasalnya, orang yang memiliki black card adalah orang-orang yang mendapat undangan langsung dari Amex untuk mendapatkan black card. Undangan tersebut diberikan jika seseorang telah dianggap layak untuk menerima black card. Namun, jika kamu ingin mendapatkan black card, kamu bisa mengajukan diri untuk menjadi pemilik black card. Pengajuan tersebut nantinya akan diproses dan dipertimbangkan apakah kamu berhak menjadi pemilik black card.

Sebelum mengajukan diri untuk mendapatkan black card, setidaknya kamu harus sudah memenuhi kriteria berikut ini untuk memperbesar kemungkinan mendapat undangan dari Amex dilansir dari Creditcardinsider.com

  1. Sudah tercatat sebagai pengguna kartu American Express yang lainnya.
  2. Aktif menggunakan kartu tersebut selama satu tahun
  3. Pengeluaran minimal sebesar 250.000 dolar AS (meskipun beberapa perkiraan mencapai 420.000 dolar AS per tahun)

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satu pengguna black card?