BTO: Perusahaan Pariwisata Sektor Penting Sumber Penghasilan Daerah

Pariwisata merupakan sektor yang ikut berperan penting dalam usaha peningkatan pendapatan suatu daerah. Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam dan keanekaragaman budaya, sehingga perlu adanya peningkatan sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan pariwisata merupakan sektor yang dianggap menguntungkan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu asset yang digunakan sebagai sumber yang menghasilkan bagi negara. Blakrax Trip Organizer (BTO) adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa tour dan travel yang berdomisili di Kota Malang. Nama “Blakrax” sendiri berasal dari kata “Blakrak” yang dalam bahasa Jawa mempunyai arti kata “Suka Main” atau bisa juga disebut blakrakan  agar namanya terlihat sedikit lebih keren maka huruf terakhir “K” diganti dengan huruf “X” dari sanalah terbentuk kata Blakrax yang jika di filosofikan dari kata komunitas bocah-bocah yang gila akan berpetualangan.

Blakrax Trip Orgnizer banyak mengambil paket wisata ke Kawasan TNBTS pengunjung yang ingin berwisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru perlu menempuh jalur darat dengan menggunakan kendaraan Jeep yang sudah disediakan oleh perusahaan Blakrax. Pelayanan menjadi faktor penting sebagai produk utama yang ditawarkan oleh Blakrax kepada konsumen, kualitas pelayanan sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Ketanggapan berupa kemampuan pemandu wisata yang cepat tanggap dalam menangani keluhan pelanggan. Jaminan dan kepastian yaitu keamanan, komunikasi yang baik dan pemandu wisata yang bersifat sopan terhadap pengunjung. Perhatian memenuhi kebutuhan pengunjung , keramahan pemandu wisata dan sikap pemandu dalam merespon kebutuhan pengunjung.

Blakrax Trip Organizer didirikan pada 14 Juni 2007, Blakrax yang dulu bertujuan sebagai penjalin hubungan teman-teman sekolah dengan harapan setelah lulus persahabatan tetap terjalin dalam sebuah konteks berpetualangan. Banyak yang bertanya bagaimana bisa blakrax yang awalnya sebuah komunitas bisa menjadi sebuah perusahaan yang sekarang bergerak di bidang penyedia sekaligus penyelenggara kegiatan Tour dan Travel atau semacam kegiatan yang bersifat berpetualang. Berawal dari hobi serta kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan alam munculah sebuah ide yang bisa dikatakan cukup gila untuk membuat event trip yang saat itu dimulai pada 23 Maret 2012 dengan destinasi pantai Balekambang dan Bromo. Event trip perdana tercatat 30 peserta yang ikut serta. Meskipun dapat dibilang kurang sukses, di event trip perdana tersebut cukup membuat senang karena dari sanalah mulai tertarik terjun di dunia industri wisata yang menjadi sektor penting penghasilan daerah.

Usaha pariwisata telah berkembang sangat pesat, sehingga telah tumbuh menjadi suatu industri. Berbeda dengan industri yang memproduksikan barang jadi dimana memerlukan bahan baku tersendiri dengan bantuan berbagai mesin. Industri pariwisata mempunyai keterkaitan satu sama lain sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia terutama dalam melakukan suatu perjalanan atau yang biasa di sebut dengan tour. Tak hanya warga negara Indonesia saja yang ingin menikmati potensi pariwisata di Indonesia, banyak warga Negara Asing yang datang untuk berkunjung ke Indonesia.

Pariwisata termasuk dalam program pembangunan nasional di Indonesia sebagai salah satu sektor pembangunan ekonomi. Oleh karena itu pembangunan pariwisata di Indonesia perlu ditingkatkan, melalui pariwisata pemeritah berusaha untuk menambah penghasilan atau devisa negara, terutama dengan masuknya wisatawan mancanegara. Pariwisata merupakan industri gaya baru yang mampu memacu pertumbuhan ekonomi secara cepat dalam hal kesempatan kerja, pendapatan, taraf hidup dan dalam mengaktifkan sektor lain di dalam negara penerimaan wisatawan. Disamping itu pariwisata sebagai suatu sektor yang komplek mampu menghidupkan sektor lainnya yang meliputi industry-industri seperti industri kerajinan tangan, industri cindera mata, penginapan dan transportasi. Pengembangan pariwisata yang telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun swasta telah meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan dari suatu daerah ke daerah lain. Kunjungan wisatawan akan merangsang interaksi sosial dengan penduduk di sekitar tempat wisata dan merangsang tanggapan masyarakat dalam beradaptasi baik di bidang perekonomian, kemasyarakatan maupun kebudayaan mereka.

Aspek kehidupan pariwisata yang terkait di dalamnya akan menuntut konsekuensi dari terjadinya pertemuan dua budaya atau lebih yang berbeda. Pada dasarnya ada empat bidang pokok yang dipengaruhi oleh usaha pengembangan pariwisata yaitu, ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan hidup.