Ingin Kuliah Sambil Usaha, Beginilah Caranya

Banyak mahasiswa ingin memiliki pendapatan sendiri tapi tidak tahu harus bagaimana. Mereka ingin mendapatkan penghasilan dengan tujuan menambah uang jajan atau meringankan beban orang tua. Mereka berfikir kuliah aja capek apalagi sambil bekerja,

Dengan kemajuan teknologi memudahkan semua orang dalam melakukan kegiatan salah satunya adalah berdagang. Makerplace sendiri adalah platform yang menghubungkan penjual dan pembeli didalam dunia maya. Situs ini layaknya pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan ftur penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman. Contoh marketplace yang ada di Indoneisa adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dll.

Kuliah sendiri bukan alasan untuk tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Banyak usaha yang bisa dilakukan dirumah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi kita bisa membuka usaha sambil beraktifitas, contoh salah satu usahanya adalah jualan online. Bagaimana cara efektif kuliah sambil membuka sebuah usaha simak tips berikut ini.

Berikut tips kuliah sambil membuka usaha, dikutip dari Folderbisnis.com,

  1. Sadari Niat Berbisnis

 

Sebelum membicarakan hal lain, hal mendasar yang diperhatikan saat kita yang masih berstatus sebagai mahasiswa ingin membangun bisnis adalah soal niat kita untuk memulai bisnis. Jangan sampai kita hanya sekedar ikut ikutan, karena ingin mengikuti trend, karena itu membuat waktu, energi dan dan tenaga yang terbuang tanpa arah yang jelas.

 

  1. Cerdas Dalam Membagi 3 Waktu Luang

 

Sebagai mahasiswa, tugas utama kita adalah belajar. Namun tidak mungkin aktifitas kita lakukan selama 24 jam hanyalah belajar saja. Coba cek dalam seminggu pastinya anda memiliki waktu luang. Untuk itu coba bagi waktu anda menjadi 3 bagian besar. Apa sajakah itu ?

  • Pertama adalah waktu untuk kuliah dan mengerjakan tugas
  • Keuda, adalah waktu untuk berbisnis atau kerja part-time
  • Ketiga, adalah waktu untuk berolahraga dan me time

 

  1. Jangan Ragu untuk Mengefektifkan Bisnis

 

Untuk anda yang berkuliah dijurusan bisnis, teori yang anda dapatkan bisa sangat membantu anda dalam menggali peluang dan mengembangkan keefektifan bisnis anda sendiri. Namun juka jurusan kuliah anda bukan dibidang bisnis dan anda tetap ingin berbisnis sambil kuliah sebenarnya kesempatan berbisnis masih sangat terbuka lebar. Di era gidital, anda bisa menambah wawasan unbtuk lebih mengefektifkan bisnis anda, tentunya diw waktu luang yang sudah anda sediakan untuk berbisnis.

  1. Buat Planning

 

Perencanaan adalah hal yang sangat penting jika anda ingin kuliah sambil berbisnis. Karena tanpa palnning, kita akan sangat sulit menentukan jalan yang harus dilewati. Pada poin kedua kita sudah membicarakan tentang 3 waktu, yang mana itu adalah bagian dari planning secara umum.

 

  1. Tentukan Deadline

 

Hal yang tidak kalah penting ketika kita sudah merencanakan berbagai hal, termasuk bisnis kita adalah tentang deadline atau tenggat waktu. Percuma jika kita punya banyak rencana tapi tidak tahu kapan rencana tersebut bisa terealisasi. Memang ada banyak factor yang bisa membuat suatu rencana bisa berjalan lebih lambat tapi minimal dengan adanya deadline kita bisa menggambarkan kapan tujuan tersebut bisa teralisasikan.

 

  1. Mulai Pisahkan Pencatatan Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Agar arus kas tidak macet dan membuat anda pusing nantunya, sangat disarankan untuk memisahkan pencatatan keuangan bisnis dengan kebutuhan pribadi anda. Misal jika anda mendapatkan laba bisnis , anda bis menggaji diri sendiri dari laba tersebut dan memasukan pada kas pribadi. Sementara sisanya menjadi kas bisnis. Begitupun soal pengeluaran.

Setelah membaca tips diatas mungkin anda berfikir bagaimana jika belum memiliki ide bisnis, Hal yang perlu diperhatikan saat akan akan memnentukan ide bisnis adalah mempertimbangkan beberapa aspek yaitu kemampuan, minat, materi, waktu luang atau aspek lain yang kamu anggap penting. Apabila sudah menemukan ide bisnis hal pertama yang harus kamu miliki adalah sifat pantang menyerah, tidak selalu planning atau perencanaanmu akan berjalan mulus pasti akan ada kendala disetiap situasi dan kondisi.

Nah itu beberapa tips tentang kuliah sambil usaha, apakah setelah anda membaca artikel ini anda tertarik membuka usaha. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.