Mengenal Apa Itu Money Game dan Bahayanya

Sumber: pexels

Adakah dari kalian yang pernah mendengar istilah money game? Sebagian dari kita mungkin masih asing mendengar istilah yang satu ini. Lalu apa itu money game?

 

Secara sederhana, Money game dapat didefinisikan sebagai kegiatan menggandakan uang dengan cara merekrut anggota baru. Dalam prosesnya, money game ini akan menggandakan uang dengan waktu yang relatif cepat. Dengan kata lain, anggota yang bergabung akan mendapat keutungan dalam waktu yang singkat. Berdasarkan penjelasan diatas, mungkin kalian akan bertanya-tanya mengapa money game itu berbahaya apabila kita bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat?

 

Money game adalah istilah lain dari penipuan online yang berbentuk semacam skema piramida atau skema ponzi. Skema ponzi sendiri merupakan model bisnis yang dikenalkan oleh Charles Ponzi, yakni seorang ahli perniagaan asal Italia yang juga aktif sebagai seorang penipu di Amerika Serikat dan Kanada.

 

Terdapat beberapa ciri-ciri untuk mengenali money game, salah satunya adalah barang atau jasa yang ditawarkan bersifat kamuflase atau tidak nyata. Hal tersebut hanya sebuah tipuan untuk menarik anggota baru. Karena dalam money game, prioritas utama adalah bagaimana cara agar bisa menarik anggota baru untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapat berasal dari investasi yang diberikan oleh anggota baru yang kemudian digunakan untuk menutupi investasi anggota lama. Hal inilah yang dinamakan permainan uang atau yang biasa disebut money game.

 

Selain barang dan jasa yang ditawarkan bersifat kamuflase, terdapat beberapa ciri-ciri untuk mengenali money game. Dikutip dari simulasikredit.com money game dapat dikenali apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Adanya skema investasi yang berbentuk piramida atau mirip dengan multilevel marketing (MLM).
  2. Tingginya hasil atau keuntungan yang dijanjikan, yakni sekitar 6% atau lebih setiap bulannya. Setelah setahun, akan mendapat laba hingga 15%, bahkan ada pula yang lebih.
  3. Jaminan balik modal setelah 6-12 bulan dan sesudahnya merupakan penghasilan yang akan didapatkan.
  4. Anda dibayar untuk merekruit anggota baru sebagai downline Anda.

 

Berdasarkan ciri-ciri yang disebutkan pada poin kedua, yakni tingginya keutungan yang ditawarkan menyebabkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya tertarik dan terjerat investasi money game. Siapa sih yang tidak tergiur jika dijanjikan keutungan yang berlipat ganda? Namun hal inilah yang seharusnya diwaspadai. Sebagai orang yang cerdas kita harus dapat membedakan mana jenis investasi yang benar dan hanya tipu belaka. Sebagai seseorang yang cerdas, tertarik dengan keuntungan yang tinggi boleh saja, namun tetap tanamkan kewaspadaan dalam diri guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ini model bisnis money game dengan skema piramida masih banyak digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan masih sangat berkembang pesat. Hal ini tak lain untuk menarik orang-orang yang bersedia mengambil resiko demi mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan waktu yang singkat. Namun jika anda termasuk orang yang tidak ingin terjerat permainan uang atau money game maka anda dapat menerapkan beberapa cara ini untuk menghindari jebakan money game. Dikutip dari Cermati.com ini 4 cara menghindari jebakan money game:

  • Dapatkan dan baca serta pelajari dengan detil salinan tertulis dari skema penjualan perusahaan, rencana bisnis dan/atau rencana pemasaran.
  • Bicarakan dengan orang lain yang memiliki pengalaman mengenai perusahaan pemasaran bertingkat dan produk seperti itu, untuk menentukan apakah produk tersebut benar-benar dijual serta harga yang wajar.
  • Periksa dengan teliti ¬†untuk mengetahui apakah ada keluhan tentang perusahaan (testimoni).
  • Dengarkan baik-baik saat Anda berada di rapat sosialisasi dan rekrutmen perusahaan itu dan tanyakan segala hal yang anda curigai atau perlu diketahui.

 

Setelah mengetahui ciri-ciri dan juga cara untuk menghindari money game diatas, diharapkan kita semua dapat terhindar dari jeratan model bisnis yang satu ini. Karena, selain merugikan pihak yang bersangkutan, money game dengan skema piramida ini juga tergolong bisnis yang ilegal. Bahkan hal tersebut telah dituliskan pada RUU Perdagangan pasal 9 yang secara jelas melarang sebuah bisnis dengan menggunakan skema piramida atau skema ponzi ini.