Bokek di Akhir Bulan, Begini Tips Mengatur Keuangan

Fotografer : Naufal Tsaqif

Kebanyakan orang akan kehabisan uang mereka sebelum akhir bulan. Padahal apabila di hitung kembali uang tersebut lebih dari cukup untuk kebutuhan dan bahkan bisa ditabung atau diinvestasikan. Mengapa uang tersebut bisa habis sebelum akhir bulan, kesalahan tersebut bukan dari minimnya uang tetapi kekurang tahuan tentang manajemen keuangan.

Manajemen keuangan atau mengatur keuangan adalah aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan. Pada dasarnya sejak kecil kita sudah pernah diajarkan untuk mengatur keuangan melalui proses menabung. Hampir semua orang tua mengajarkan menabung kepada anak mereka. Apabila kita ingin sesuatu kita diajarkan untuk menabung dengan cara menyisihkan uang saku sekolah.

Tanpa kita sadari dari menabung kita dapat berfikir tentang manajemen keuangan kita sendiri. Seperti memikirkan untuk membeli barang yang diperlukan saja, ketika uang itu sisa kita disuruh memasukan ke celengan. Dari hal sesimpel itu kita sudah mendapatkan ilmu tentang mengatur keuangan.

Gaya hidup sendiri menjadi masalah untuk keuangan anda. Dimana pemasukkan dan pengeluaran tidak sebanding atau berat sebelah. Hal ini menjadi permasalahan diakhir bulan atau bahkan sebelum akhir bulanpun keuangan anda bisa habis. Pentingnya mengatur keuangan untuk keseharian dan jangka panjang anda.

Banyak manfaat dari memanajemen keuangan seperti melatih pola hidup hemat, memiliki cadangan uang ketika saat kritis, terhindar dari kebiasaan berhutang dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana sih cara mengatur keuangan yang baik. Berikut Langkah langkah mengatur keuangan agar tidak bokek di akhir bulan dari beberapa sumber :

Dikutip dari finanansialku.com,” Mari ikuti cara berikut dalam mengatur keuangan yang akan membuat kehidupan finansial lebih baik. Bahkan terhindar dari jerat utang konsumtif.

  • Memiliki Catatan Keuangan Pribadi

Tanpa ada catatan keuangan pribadi kita tidak akan bisa mengatur keuangan pirbadi dengan baik. Catatan keuangan pribadi sangat banyak kegunaannya. Ini adalah sebuah langkah paling dasar yang harus kita lakukan. Jika langkah awal ini tidak kita lakukan dengan baik bahkan dengan konsisten, maka keuangan pribadi akan tetap berantakan dan tidak tertata dengan baik.

 

  • Buat anggaran Bulanan

Dalam membuat anggaran keuangan pribadi bulanan, berikut adalah formula yang bisa anda gunakan 40-30-20-10, dengan bentuk pembagian :

  • Alokasikan 40 persen pendapatanmu untuk biaya pengeluaran sehari – hari. Seperti biaya tagihan bulanan hingga keperluan belanja sehari – hari.
  • Selanjutnya, alokasikan 30 persen pendapatmu untuk membayar cicilan apabila kamu memilikinya.
  • 20 persen dari pendapatanmu berikutnya bisa kamu alokasikan untuk tabungan investasi untuk masa depan finansial lebih baik.
  • Kemudian, 10 persen dari pendapatanmu kamu alokasikan untuk donasi seperti zakat atau persepuluhan.

 

Dikutip dari lifepal.com langkah mengatur keuangan untuk anak muda dan rumah tangga,” Ketahui antara kebutuhan dengan keinginan.  Cara mengatur keuangan pribadi bisa dilakukan dengan cara membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Kebutuhan manusia terbagi menjadi tiga, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Pertama, kebutuhan primer yang terdiri dari sandang, pangan dan papan. Pemenuhan terhadap kebutuhan primer ini menjadi bagian yang paling utama dalam kehidupan karena merupakan kebutuhan yang berisifat darurat atau kebutuhan dasar.

Kedua, kebutuhan sekunder yang terdiri dari semua kegiatan tidak vital atau tidak seperti kebutuhan primer yang menjadi kebutuhan dasar tetapi tetap dibutuhkan untuk menghilangkan rintangan dan kesukaran. Misalnya, televisi, meja, kursi, handphone dan lainya.

Ketiga, kebutuhan tersier adalah segala kebutuhan lebih jauh dari hanya kenyamanan saja. Kebutuhan tersier ini lebih mengarah kepada kemewahan atau kebutuhan yang dapat melengkapi hidup dan menghiasi hidup.

Sementara keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki keharusan untuk memiliki keharusan untuk segera terpenuhi. Keinginan lebih bersifat tambahan, ketika kebutuhan pokok telah terpenuhi.

Nah, nafsu dan keinginan bisa muncul kapan saja. Apalagi, kalau lagi jalan-jalan ke mall. Melihat papan diskon besar, kamu langsung ingin membeli seluruh barang barang tersebut. Memang menahan diri itu susah, tapi dari pada kelaparan di akhir bulan, lebih baik tahan dulu belanja yang tidak perlu. Ingat, diskon bisa terjadi setiap saat. So, sabar aja!.

Memang mengatur keuangan tidaklah mudah tapi mengatur keuangan adalah sesuatu yang penting bagi kita. Kita tidak akan pernah tau apabila ada situasi yang akan mengeluarkan banyak biaya. Apabila sejak dini kita mulai mengatur keuangan kita tidak akan kerepotan saat datang masa yang membutuhkan banyak biaya. Mari kita mengatur keuangan kita sejak dini.